Senin, 05 April 2010

Memaksimalkan Windows Vista

jengkel ama windows vista yang lemot bgt dipcQ, iseng2 browsing, netting, sambil njengking N ngising..hehe..
eeh nemu tips buat maksimalkan vista..
berikut ini adalah langkahnya:

disini ada enam tips yang harus anda ketahui untuk lebih mengoptimalkan fungsinya dalam kinerja Anda. Ini dia enam tips performa vista itu:

1. Tambahkan USB
Flash drive berkecepatan tinggi 2GB atau lebih dan manfaatkan [Windows Ready Boost]
(Additional Memory Cache) Ready Boost adalah nama yang digunakan Microsoft untuk penggunaan USB thumb/flash drive untuk menyediakan akses memori yang lebih cepat pada sistem operasi dan dapat digunakan sebagai RAM tambahan. Ready Boost dapat meningkatkan performa sistem secara signifikan. Untuk menggunakan fitur ini: tancapkan [USB Flash Drive] – Klik [Start] kemudian – [Computer] – Klik kanan pada drive [USB Drive] pada [My Computer] – Pilih tab [Ready Boost] – Pilih [use this device] – Pilih ukuran ruang USB yang ingin digunakan untuk [RAM usage vs. Storage].

2. Matikan [Windows Hibernation]
Layanan [Windows hibernation] dapat menggunakan sumber daya sistem yang cukup besar. Jika fitur ini tak digunakan terlalu sering, lebih baik dimatikan untuk memberi performa extra pada vista dan membebaskan ruang yang dipakai untuk file hibernasi (besarnya tergantung jumlah RAM). Untuk mematikan layanan ini: Buka [Control Panel] kemudian pilih [Power Options]

Klik [Change Plan Settings] – Klik pada [Change Advanced Power Settings] – Buka pilihan [Sleep]
Buka pilihan [Hibernate After] – Rubah pilihan menjadi 0 (nol) – Klik [Apply] – Lakukan pada power plan yang lain.

3. Matikan [System Restore]
Analisis dan pembuatan restore point oleh Windows Vista dapat memakan resource sistem yang cukup besar. Perlu diingat, mematikan layanan ini berarti fitur [System Restore] tak dapat digunakan jika terjadi kesalahan atau kerusakan sistem. Untuk mematikan layanan ini: Buka [Control Panel] kemudian pilih [System] – Klik [System Protection] pada panel kiri – Kosongkan pilihan [main system drive] – Setujui konfirmasi.

4. Matikan [User Access Control (UAC)]
Fitur baru Vista yang mencoba untuk melindungi sistem dari infeksi malware dengan cara membuat user memberikan konfirmasi secara manual terhadap seluruh operasi sehari-hari user (TT_TT vexing, i inow). Sementara layanan ini tak memberikan dampak negatif terhadap performa
sistem secara langsung, ini bisa cukup menganggu bagi beberapa user. Untuk mematikan layanan ini: Buka [Control Panel] kemudian pilih [User Accounts] – Pilih [Turn User Account Control on or off] – Kosongkan pilihan [User Account Control] – Restart system.

5. Matikan [Windows Services] berlebih yang otomatis dijalankan pada saat startup. Sama halnya seperti Windows XP, Vista memiliki banyak layanan yang secara default diload pada saat startup yang mungkin tidak/jarang digunakan user (terutama versi Ultimate). Untuk melihat service apa saja yang diload pada saat startup dan menonaktifkan yang tidak/jarang digunakan (dapat diload secara manual jika diperlukan): Buka [Control Panel] – kemudian pilih [Administrative Tools] – Pilih [System Configuration] – Klik pada tab [Services Tab].

Yang dapat dinonaktifkan secara aman: [Offline Files] (kecuali menggunakan layanan [Offline File Sync]) – [Tablet PC Input Service] (kecuali memakai tablet PC) – [Terminal Services] -
[Windows Search] (jika indexing telah dinonaktifkan) – [Fax] (kecuali menggunakan modem fax)
6. Mematikan fitur berlebih

Windows juga menyertakan fitur-fitur lain yang terdaftar terpisah dengan layanan startup (baca tips 9). Fitur tersebut dapat dilihat dan dinonaktifkan dengan cara: Buka [Control Panel] kemudian pilih [Program Features] – Pada panel kiri, Pilih [Turn Windows Features on or off].

Yang dapat dinonaktifkan secara aman: [Indexing Service] – [Remote Differential Compression] -
[Tablet PC Optional Components] – [Windows DFS Replication Service] – [Windows Fax & Scan] (kecuali menggunakan modem untuk fax) – [Windows Meeting Space] (kecuali menggunakan layanan [Live Meeting])

Demikian tips&trik untuk bervista yang lebih menyenangkan. Vista memang memiliki requirement yang orang bilang cukup tinggi di atas XP, beberapa argumen mengatakan menjalankan XP lebih kencang daripada Vista. Namun bila Anda memiliki requirement hardware memadai, baru bisa merasakan enaknya menjalankan Vista. So selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar