Sabtu, 27 Maret 2010

PROFIL SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ( STKIP ) BIMA

UMUM
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima atau yang disebut STKIP Bima bertempat di Kota Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB ) didirikan berdasarkan Akta Pendirian Yayasan IKIP Bima No: 99 Tanggal, 13 November 1976. STKIP Bima berazaskan Pancasila dan UUD 1945 yang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berfungsi sebagai wadah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan beraplikasi dalam bidang ilmu pendidikan dan keguruan serta mengembangkan kebudayaan bangsa sebagai kegiatan integral dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional.
STKIP Bima didirikan dengan tujuan :
a. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang keguruan dan ilmu pendidikan dan memiliki kemampuan aplikatif.
b. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi pada umumnya dan khususnya ilmu pendidikan dan keguruan serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasiaonal.

Visi - Misi, Tujuan dan Strategis STKIP Bima
- Visi STKIP Bima adalah membangun dan mengembangkan STKIP Bima yang mengutamakan kualitas dilandasi nilai moral, agama dan kepribadian bangsa, berorientasi riset dan tetap konsisten mempertahankan kepercayaan masyarakat maupun melakukan upaya peningkatan, perbaikan dan pengembangan dalam segala aspek sehingga menghasilkan output yang berkualitas, memiliki keunggulan kemampuan akademik dan profesional.
- Misi STKIP Bima untuk mewujudkan visi tersebut meliputi :
1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang berwawasan ilmiah maupun global, berkemampuan mandiri yang dilandasi nilai moral, agama dan kepribadian bangsa.
2. Pemberdayaan civitas akademika di bidang akademik agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai tenaga kependidikan yang berwawasan ilmiah dan global.
3. Meningkatkan intensitas kegiatan keilmiahan kalangan civitas akademika secara terrencana dan terprogram.
4. Terwujudnya rencana pengembangan dan pembukaan jurusan atau program studi baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar kerja.

Tujuan : Melalui visi misi tersebut diharapkan akan terwujud tujuan didirikannya STKIP Bima yaitu :
a. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memilki kemampuan akademik atau profesional di bidang keguruan dan ilmu pendidikan serta memiliki kemampuan mengamplikasikannya.
b. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi pada umumnya dan ilmu keguruan dan ilmu pendidikan khususnya serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pemperkaya kebudayaan nasional Indonesia.

Strategi :
Strategi yang dikembangkan untuk mewujudkan tujuan STKIP Bima adalah mengembangkan bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, memgembangkan manajemen pendidikan tinggi, fasilitas pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, kemitraan dan pendanaan.
Sarana dan Prasaran Akademik
STKIP Bima dibangun di atas lahan (tanah bersertifikat) seluas + 1 (satu) Ha. Dengan sarana bangunan yang sudah tersedia sebagai berikut :
1. Satu unit sarana gedung kantor dengan 5 (lima) ruangan.
2. Empat unit sarana gedung kuliah dan unit kegiatan lainnya terdiri dari 15 ruangan, untuk kegiatan kuliah 10 ruangan, dan lainnya untuk Laboratorium Biologi, Laboratorium BK dan LP3M serta ruang sekretariat unit kegiatan Ormawa (BEM, Sanggar Seni, Mapala, dan LDK).
3. Satu unit sarana gedung perpustakaan dan ruang pertemuan.
4. Gedung Audotorium / Aula.
5. Gedung Musallah.
6. Serana penunjang berupa lapangan olahraga (vollyball dan bulu tangkis), halaman parkir dan halaman kegiatan upacara bendera.

Jurusan dan Program Studi :
1. Jurusan Ilmu Pendidikan
- Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) S1
2. Jurusan Ilmu Pendidikan MIPA
- Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
3. Jurusan IPS
- Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1)
Ketiga program studi tersebut status terakreditasi dan telah mendapatkan perpanjangan izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti.
Pembukaan program studi baru yang telah diusulkan ke Menteri Pendidikan
Nasional RI (Dirjen Dikti), masih menunggu izin yaitu :
1. Program Studi Pendidikan Matematika
2. Program Studi Pendidikan Sosiologi/Antropologi
3. Program Studi S1 PGSD (Proposal dikembalikan oleh Dirjen Dikti).
Dosen dan Mahasiswa
Tenaga dosen yang tersedia adalah dosen tetap (Kopertis dan Yayasan) dan dosen tidak tetap (dosen luar biasa) dengan kualifikasi S1, S2 dan S3 dengan rasio 1 : 30.
Sistem rekrut calon masiswa melalui seleksi yaitu tes tertulis dan psikotes.
Jumlah mahasiswa yang aktif pada ketiga program studi sampai dengan tahun akademik 2005/2006 sebanyak 1.864 orang, sedangkan jumlah mahasiswa baru tahun akademik 2006/2007 yang diterima/lulus seleksi sebanyak 985 orang.

Demikian profil singkat STKIP Bima.

Bima, 200
Rektor,

Drs. Darwis, M.Si
NIP. 131 480 125

Tidak ada komentar:

Posting Komentar